Senin, 21 November 2016

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Eceng Gondok


TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI

A.       Pelapor                             : Eka Ripa Oktapiani
B.       Kelas                                 : VII A
C.      Objek yang diamati             : Eceng Gondok
D.      Waktu Pengamatan             : Sabtu, 21 November 2016
E.       Tujuan Pengamatan            : Untuk mengetahui karakteristik eceng gondok
F.       Hasil Pengamatan              :
Hasil gambar untuk eceng gondok


ECENG GONDOK
             Eceng gondok atau enceng gondok (Latin:Eichhornia Crassipes) Eceng gondok merupakan salah satu jenis tumbuhan air mengapung. Eceng gondok dianggap sebagai gulma yang dapat merusak lingkungan perairan. Eceng gondok dengan cepat tumbuh dan mudah menyebar melalui saluran air ke badan air lainnya.

Definisi umum
             Eceng gondok hidup mengapung di air dan terkadang berakar dalam tanah. Tingginya sekitar 04 – 08 meter. Tidak mempunyai batang, daunnya tunggal, dan berbentuk oval, ujung dan pangkalnya meruncing. Pangkal tangkai daun menggelembung, permukaan daunnya licin, dan berwarna hijau, bunganya termasuk berbentuk bulat dan berwarna hitam, buahnya kotak beruang tiga dan berwarna hijau, akarnya merupakan akar serabut.



Deskripsi bagian
            Tanaman eceng gondok ini bisa dimanfaatkan. Pertama, berdasarkan hasil labnya eceng gondok mampu mengikat unsur logam dalam air, untuk itu tanaman ini hanya cocok hidup di air yang kotor dibandingkan air bersih. Kedua, daunnya dapat dipakai bahan pakan ternak. Ketiga, seratmya dapat dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan tangan dan sudah diekspor ke luar negeri. Keempat, batangnya bisa dijadikan penyangga bunga.

Deskripsi manfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar