Senin, 21 November 2016

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Penyu


TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI


A.       Pelapor                           : Risya Hindayani
B.       Kelas                              : VII A
C.      Objek yang diamati      : Penyu
D.      Waktu Pengamatan      : Sabtu, 19 November 2016
E.       Tujuan Pengamatan     : Untuk mengetahui karakteristik hewan penyu
F.       Hasil Pengamatan        :



Hasil gambar untuk penyu

PENYU
               Penyu adalah binatang reptilian bercangkang. Cangkang atau tempurung berfungsi sebagai alat pertahanan diri atau pelindung untuk menyembunyikan kaki dan kepalanya agar terhindar dari serangan predator. Namun tidak seperti halnya kura-kura, kepala dan kaki penyu tidak semuanya dapat masuk dalam tempurungnya.

Definisi umum
             Penyu biasanya hidup di daerah hangat atau panas. Penyu hidup, makan dan beristirahat hany di dalam air. Makanan kesukaannya berupa ubur-ubur, kepiting, ikan-ikan kecil dan udang. Meskipun hidupnya di dalam air, penyu betina akan kembali ke pantai ke tempat pertama kali di mana ia dilahirkan untuk bertelur.

Deskripsi bagian
              Penyu dapat menghasilkan telur antara 800 sampai 1000 butir. Telur-telur penyu akan menetap dengan sendirinya tanpa melalui bantuan induknya setelah berumur 60 hari. Pada umumnya setelah beberapa menit telur penyu menetas, tukik atau anak penyu akan langsung menuju air. Namun hanya sebagian kecil anak-anak penyu tersebut yang dapat bertahan hidup, sebagian besar dari anak penyu itu mati dimangsa predator.


Deskripsi bagian
            Penyu sejenis binatang reptil yang berumur panjang, ada beberapa spesies penyu yang umurnya bisa mencapai lebih dari 136 tahun, tapi populasinya dari waktu ke waktu semakin menyusut. Bahkan ada beberapa spesies yang hampir mengalami kepunahan. Hal ini terjadi akibat ulah manusia yang hanya mengedepankan sisi bisnis dan keuntungan semata tanpa memperdulikan keseimbangan lingkungan.


Deskripsi bagian
            Pantai-pantai sebagai tempat yang paling baik bagi penyu untuk dijadikan bertelur, sudah banyak yang dialihfungsikan seperti dijadikan hotel, restoran, dan area wisata, dan area hiburan lainnya. Sehingga pada musim bertelur tiba induk penyu akan kesulitan untuk mendapatkan tempat yang layak untuk bertelur.

Deskripsi bagian
          Kehidupan penyu makin terancam kehidupannya, justru karena binatang yang dilindungi itu diketahui banyak memberikan manfaat bagi manusia. Perburuan penyu makin marak di berbagai lokasi yang menjadi habitatnya. Daging penyu memilikirasa yang enak sehingga digemari banyak orang, kulit dan batoknya dapat dibuat cinderamata yang indah, telur penyu banyak dicari karena dipercaya khasiatnya untuk kesehatan dan menambah kekuatan tubuh.


Deskripsi manfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar